Hukum Mengusap Wajah Setelah Sholat

Hukum Mengusap Wajah Setelah Sholat

 Hukum Mengusap Wajah Setelah Sholat - Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan orang Islam ketika selesai mengucapkan salam dalam sholat mereka mengusap wajah setelah sholat dengan tangan kanannya. Hal ini berdasarkan sebuah riwayat bahwa  Rasulullah SAW selalu mengusap wajahnya dengan kedua tangannya setelah berdoa :

عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدِ عَنْ أَبِيْهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إذَا دَعَا فَرَفَعَ يَدَيْهِ مَسَحَ وَجْهَهُ بِيَدَيْهِ -- سنن أبي داود

Dari Saib bin Yazid dari ayahnya, "Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallama ketika berdoa, Beliau selalu mengangkat kedua tangannya, kemudian mengusap wajahnya dengan kedua tangannya." (HR. Abu Dawud, 1275)

Begitu pula orang yang telah selesai melaksanakan sholat, ia juga disunnahkan mengusap wajah setelah sholat dengan kedua tangannya, sebab sholat secara bahasa berarti berdoa. Di dalam sholat terkandung doa-doa kepada Allah SWT Sang Pencipta. Sehingga orang yang mengerjakan sholat berarti juga sedang berdoa. Maka wajar jika setelah sholat ia juga disunnahkan untuk mengusap muka.

Syekh Abu Bakar bin Muhammad Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin menyatakan: Imam Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar, dan kami juga meriwayatkan hadits dalam kitab Ibnus Sunni dari Sahabat Anas bahwa apabila Rasulullah SAW selesai melaksanakan shalat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya kemudian berdoa:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلهَ إلَّا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ اَللَّهُمَّ اذْهَبْ عَنِّي الْهَمَّ وَالْحَزَنَ

“Saya bersaksi tiada Tuhan kecuali Dia Dzat Yang maha Pengasih dan penyayang. Ya Allah semoga engkau hilangkan dariku kebingungan dan kesusahan." [I’anatut Thalibin, juz I, hal 184-185]

Hal ini menjadi dalil bahwa mengusap wajah setelah sholat memang dianjurkan dalam Islam. Karena Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam juga mengusap mengusap wajah setelah sholat.

والله أعلم

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Ikuti Kami